Dharma Perguruan Tinggi

Bidang pendidikan merupakan bidang yang paling vital untuk meningkatkan kualitas lulusan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Usaha-usaha ke arah peningkatan mutu lulusan tersebut dilakukan dengan cara:

  1. Meningkatkan dan mengembangkan mutu staf pengajar dalam proses belajar mengajar melalui pemberian kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan secara berkelanjutan.
  2. Mengkaji dan mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan pengembangan pembangunan nasional dan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni ( ipteks).
  3. Mengkaji penataan fakultas, jurusan dalam kerangka pelaksanaan pendidikan akademik dan profesional yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta pembangunan nasional.
  4. Mengkaji dan mengembangkan cara-cara pelaksanaan pendidikan akademik yang profesional dan efesien.
  5. Disamping pendidikan reguler, mahasiswa dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Pelaksanaan Dharma Perguruan Tinggi yang kedua adalah bidang penelitian. Program kegiatan penelitian senantiasa mengacu pada GBHN, yang mengamanatkan bahwa pendidikan tinggi harus diarahkan pada penciptaan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan akademis, profesional, dan kepemimpinan serta tanggap terhadap kebudayaan ipteks. Untuk itu program penelitian diarahkan kepada pencapaian hasil yang optimal, terutama yang bermanfaat bagi kemanusiaan dan selaras dengan kebutuhan pembangunan. Disamping itu, penelitian yang dilakukan di Fakultas Teknik ditujukan agar dapat menjalankan fungsi pengembangan institusi, menciptakan inovasi, pengembangan ipteks serta penyelesaian berbagai masalah akademik maupun masyarakat dengan melaksanakan kerjasama ke berbagai instasi pemerintah, swasta maupun industri.

Program-program tersebut diklasifikasikan atas:

  • Program Pembinaan
    Program pembinaan diarahkan untuk menghasilkan penelitian mandiri, publikasi bertaraf nasional maupun internasional, dan peningkatan budaya meneliti yang produktif. Program ini mencakup penelitian dosen muda, penelitian dasar, penelitian masalah lingkungan dan lain-lain.
  • Program Penelitian Mandiri
    Program penelitian mandiri lebih diarahkan untuk menciptakan inovasi dan pengembangan ipteks. Tergolong dalam program ini antara lain penelitian hibah bersaing yang dilaksanakan secara kompetitif dan ditetapkan melalui Majelis Penelitian Perguruan Tinggi (MPPT).

Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa umumnya berupa penelitian berkelompok yang memerlukan pengumpulan data melalui survai. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri masih berkaitan dengan tugas akhir mahasiswa dengan arahan dosen pembimbingnya. Prosedur dalam melaksanakan penelitian mengacu pada petunjuk pelaksanaan penelitian yang dikeluarkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Udayana.

Kualitas penelitian diukur dengan hasil penelitian yang dipublikasikan atau dipresentasikan di tingkat internasional, nasional, dan lokal. Penelitian yang dipublikasikan atau dipresentasikan pada tingkat internasional sebagian besar bertalian dengan tugas belajar para dosen di luar negeri.

Kegiatan Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga adalah bidang pengabdian kepada masyarakat yang merupakan suatu pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara ilmiah dan melembaga. Kegiatan ini merupakan salah satu tugas pokok perguruan tinggi yang berkaitan langsung kepada masyarakat dan kelompok sasaran lainnya dalam usaha mengembangkan kemampuannya untuk mempercepat tercapainya tujuan pembangunan nasional.

Adapun tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah untuk meningkatkan pemenuhan berbagai kebutuhan masyarakat dan/atau memecahkan berbagai masalah yang dihadapi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan pendidikan, penyuluhan dan pembinaan.

Berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas Teknik berupa:

  • Pendidikan Kepada Masyarakat
    Berupa kegiatan pendidikan kepada masyarakat ditujukan untuk mengembangkan kemampuan sumber daya manusia melalui pendidikan luar sekolah. Bentuk-bentuk kegiatan berupa: penataran, kursus, lokakarya, latihan, bimbingan kerja, dan proyek pencontohan.
  • Pelayanan Kepada Masyarakat
    Pelayanan yang dimaksud adalah pemberian layanan secara profesional kepada masyarakat yang diberikan dalam bentuk: perencanaan kota, studi kelayakan dan pelayanan teknologi.
  • Penerapan Hasil Penelitian
    Berupa penerapan teknologi tepat guna, penerapan hasil-hasil penelitian, penerapan berbagai ilmu terapan.

Dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat ini Fakultas Teknik melakukan kegiatan secara mandiri atau melakukan kerjasama dengan fakultas/jurusan lain di lingkungan Universitas Udayana, juga dengan jurusan yang sama pada universitas yang berbeda, dengan instansi-instansi pemerintah maupun dengan komponen-komponen lainnya.

Selain itu, Fakultas Teknik juga mengagendakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini dibuat dalam format kerja sosial dalam bentuk Kemah Ilmiah Mahasiswa (KIM). KIM diikuti oleh mahasiswa baru sebagai anggota dan beberapa mahasiswa senior sebagai panitian dan dosen sebagai pembimbing lapangan. Dalam kegiatan ini, mahasiswa melakukan pembangunan atau perbaikan beberapa sarana dan prasarana yang ada di desa, misalnya jalan raya, sarana olah raga, administrasi desa, dan lain-lainnya, sesuai dengan kondisi dan permasalahan di desa yang dijadikan lokasi KIM. Kegiatan KIM dilaksanakan dengan di awal setiap tahun ajaran baru dengan waktu selama satu minggu.

Dalam melaksanakan Dharma Perguruan Tinggi diatas, didukung oleh sumber daya baik itu tenaga dosen maupun pegawai disamping sarana dan prasarana yang ada. Tenaga dosen yang tersebar di dalam empat jurusan di lingkungan Fakultas Teknik terus mengalami peningkatan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.