Klinik Jurnal Internasional 2018 Fakultas Teknik Universitas Udayana

`

Pada hari Senin tanggal 17 September 2018, pukul 08.00 – 16.10 WITA, telah diselenggarakan Klinik Jurnal Internasional 2018, Fakultas Teknik Universitas Udayana bertempat di Aula Wiswakarma, Gedung C Lantai IV, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Kampus Denpasar, Jalan PB. Sudirman, Denpasar.


Kegiatan ini mengundang Prof. Dr.Eng. Wisnu Jatmiko, ST, M.Kom. sebagai narasumber. Kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia Dr.Eng. I Made Agus Dwi Suarjaya, ST, M.Eng. kemudian dibuka dengan resmi oleh Bapak Dekan FT UNUD Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana,MT,Ph.D.


Klinik jurnal dibagi menjadi sesi pagi dan siang, dimana pada sesi pagi dimoderatori oleh Komang Oka Saputra, S.T., M.T., Ph.D. berisikan pemaparan dan diskusi, sesi siang dimoderatori oleh Dewa Made Priyantha Wedagama, ST, MT. M.Sc, Ph.D berisikan review dan diskusi draft paper peserta.


Beberapa catatan dari klinik jurnal diantaranya
Suatu paper dinilai dari :
a. State of the art (60-65%)
b. Presentasi/style tulisan / tata bahasa (35-40%).
Poin a (state of the art) merupakan ide/gagasan yang mempunyai orisinalitas, kontribusi dan novelty dalam hal : permasalahan, data atau metode (proposed method).
Poin b presentasi adalah bagaimana alur dari sesuatu yg ingin kita 'jual' agar enak dibaca dan mudah dimengerti (khususnya oleh reviewer) tetapi dalam jumlah halaman artikel yang terbatas (misal 8-10 halaman).
c. Permasalahan dalam menulis dg bahasa inggris adalah : 'rasa' atau 'sense' skill menulis, pemilihan kata-kata di dalam menulis antara seseorang native dan non native writer. Untuk mengatasi hal ini khususnya untuk non native bisa dengan menyertakan diagram alir penelitian, tabel, grafik di dalam paper. Trik ini membantu kita menjelaskan/penekanan pada 'sesuatu yg kita jual' tsb kepada reviewer.
d. Penggunaan proofreader juga disarankan, walaupun untuk beberapa 'istilah keteknikan/kata-kata spesifik' dalam bidang ilmu tidak semua proofreader paham.
e. Pemilihan kata untuk judul paper : hindari pemakaian kata spt : 'The Implementation of....' implementasi terkesan spt hal praktis dan terkesan seperti tidak ada unsur yg baru dalam paper tsb.
f. Referensi: untuk buku teks disarankan lebih mengacu kepada buku-buku teks yang banyak disitasi spt buku-buku terbitan Springer atau Mc.Graw-Hill. Untuk jurnal atau prosiding yang dijadikan referensi sebaiknya up to date (3 tahun terakhir).