Kerjasama Unud dengan PT Sentra Teknologi Terapan  

Rektor Universitas Udayana yang dalam hal ini diwakili Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Informasi Prof. IB Wyasa Putra mewakili Rektr didampingi Dekan Fakultas Teknik Prof. Ngakan Putu Gede hadir dalam acara penandatanganan MoU antara PT Sentra Teknologi Terapan dengan sejumlah mitra kerja sama salah satunya dengan Universitas Udayana. Penandatanganan MoU yang dilangsungkan bersamaan dengan seminar dan conference dilaksanakan di Hotel Aston Kuta, Badung pada Hari Kamis (8/8/2019).
Kerjasama para pihak ini dititik beratkan pada Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) yang merupakan sebuah inovasi teknologi pengubah sampah menjadi energi yang sedang dikembangkan di Kabupaten Klungkung. Untuk pengembangan TOSS di Bali, Pemkab Klungkung merupakan tempat awal mulanya TOSS berkembang, yang kini sudah menyebar ke berbagai daerah lainnya di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Untuk Pemkab Klungkung sendiri, pengembangan TOSS bekerjasama dengan LSM Maruta.
Selain kerjasama dengan Universitas Udayana, penandatanganan MoU juga dilakukan dengan beberapa instansi lainnya diantaranya PT Indonesia Power, PT Hexa Integra Electrica (Hire), Asosiasi Profesi Pengelolaan Limbah Industri dan Emisi Indonesia (Applied), Lembaga Pengembangan Pertanian Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPP-PBNU), dan PT Kokoh Semesta. Dengan dilaksanakannya kerjasama ini, diharapkan TOSS tidak hanya berada pada ranah penelitian semata tetapi bisa masuk ke ranah industri. (HM)