Pembukaan Temu Nasional FDTI oleh Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Four Point by Sheraton Makasar dan penandatangan kerjasama Dikti dengan PII dan FDTI

`

Pada Jumat 13 Maret 2020 telah berlangsung pembukaan Temu Nasional Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) yang diselenggarakan di Hotel Four Points By Sheraton, Makassar. Kegiatan ini dihadiri oleh dekan-dekan teknik yang berasal dari seluruh Indonesia termasuk Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,PhD. Acara pembukaan dihadiri oleh total 85 dekan teknik beserta Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Andi Sudirman Sulaiman), Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas (Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu, MP), Sekretaris Jenderal Forum Dekan Teknik Indonesia (Dr. Ir. Isradi Zainal, MT, MH, MM, CAAE, ASEAN Eng, IPU), Ketua Komite Eksekutif Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (Prof. Dr. Ing. Ir. Misri Gozan, M.Tech), Ketua Umum Perhimpunan Insinyur Indonesia (Dr. Ir. Heru Dewanto, M.Eng(Sc), IPU), wakil-wakil dari puluhan mitra pendidikan keteknikan yang berasal dari Industri dan beberapa dekan di lingkup UNHAS.


Acara berlangsung pukul 19.30 Wita dan dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman yang mewakili Gubernur Sulawesi Selatan. Temu Nasional FDTI ini diselenggarakan sebagai respon dari kebijakan baru pemerintah khususnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Pada pertemuan tersebut dibahas bagaimana implementasi dari kebijakan tersebut oleh dekan-dekan selaku pimpinan pendidikan keteknikan pada institusi masing-masing. Pertemuan tersebut juga dinilai sangat strategis karena menghadirkan empat unsur pemangku kepentingan keteknikan yaitu Perguruan Tinggi, Perhimpunan Insinyur Indonesia, Pemerintah, dan Mitra Industri.


Acara berakhir pukul 22.00 Wita dan dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Paristiyanti Nurwardani selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D, dan Dr. Ir. Heru Dewanto, M.Eng(Sc), IPU selaku Ketua Umum Perhimpunan Insinyur Indonesia.