Perolehan Perunggu Pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke 33  

Fakultas Teknik Universitas Udayana ikut serta berpertisipasi dalam Pekan Ilmiah Nasional ke - 33 yang diselenggarakan pada tanggal 24 - 29 Nopember 2020  dengan tuan rumah Universitas Gadjah Mada secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) ini merupakan forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa yang diikuti oleh mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang terpilih melalui jalur Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan non-PKM. 

Fakultas Teknik diwakili oleh LOADING TEAM dengan Putu Brahmanda Sudarsana sebagai Ketua Team dengan beranggotakan I Made Putra Arya Winata dan Sonny Suharto berada di bawah bimbingan Prof. I Dewa Gede Ary Subagia, ST., MT., PhD sebagai Dosen Pembimbing.

Loading Team mengajukan proposal dalam kategori Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKMKC) dengan judul “Sistem Cetakan Injeksi Polimer Berbasis Microcontroller sebagai Preservasi Manuskrip Lontar”.

PKMKC yang dibuat mengangkat permasalahan lontar yang banyak mengalami kerusakan dan usaha presevasi yang belum efektif sehingga dibuat inovasi suatu sistem yang bekerja dengan metode Vacuum-Assisted Resin Transfer Molding (VARTM) terintegrasi dengan Internet of Things (IoT) sebagai sistem monitoring. Sistem/alat ini nantinya bisa melapisi lontar dengan resin dengan ketebalan 1 mm pada dua sisi sehingga lontar akan tahan terhadap temperatur ekstrim (kebakaran) dan kerusakan akibat faktor biologis.

Dengan proposal tersebut LOADING TEAM berhasil meraih Medali Perunggu kategori Presentasi Ilmiah dengan menyisihkan 100 tim lain dari total 625 tim yang berpartisipasi dalam PIMNas ke - 33 yang diikuti oleh 101 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Selamat kepada LOADING TEAM serta Dosen Pembimbing atas prestasi yang telah diraih.

HIDUP TEKNIK!