Sumbangan Patung Wiswakarma

`

Hari Rabu, 15 September 2021 Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan bersama Jajaran Pimpinan Fakultas Teknik menerima sumbangan Patung Bhagawan Wiswakarma dari Dr. Ir. Luh Dessy Dharmayanty, M.T. Bertempat di Aula Wiswakarma Fakultas Teknik Denpasar, acara penyerahan ini dihadiri secara terbatas.

Luh Dessy Dharmayanty adalah alumni Fakultas Teknik Universitas Udayana. Angkatan S1 Tahun 1988 dan S3 Tahun 2020. Pernah menjadi Kepala Dinas Cipta Karya dan Pertambangan Kabupaten Badung, Kepala Dinas Perumahan dan permukiman, dan semenjak Tahun 2017 hingga saat ini bertugas sebagai staf ahli Bupati Badung.

Sedikit informasi menarik mengenai Wiswakarma,

Menurut ajaran Hindu, “Wiswakarma” merupakan arsitek yang sangat terkenal dan beliaulah yang merancang kota “Dwaraka” atau “Dwarawati”. Dalam kisah Mahabharata disebutkan Bhagawan Wiswakarma pernah dimintai bantuan oleh Krisna untuk membangun kerajaan barunya. Dalam kisah tersebut, hanya Wismakarma yang bersatu sebagai dewa kahyangan yang bisa menyulap laut menjadi sebuah kerajaan untuk Krisna. Kemudian secara turun-temurun oleh umat Hindu diangap sebagai Dewa Arsitektur.

Dalam nama Wiswakarma terselip sebuah makna yang sangat dalam dan membawakan pesan kepada generasi masa datang agar pandai dan bijak memanfaatkan keadaan alam sekitar. Para arsitek bengunan di masa datang harus dapat menghasilkan karya-karya monumental yang diharapkan menjadi karakter atau style bangunan di suatu wilayah (sumber: https://phdi.or.id/artikel/wiswakarma-dan-arsitektur)

Calon-calon Arsitek muda Fakultas Teknik harus tahu ini ya :)