Teknik Back to Nature 2016 “Alam dan Pengabdian”

Senat Mahasiswa Fakultas Teknik kembali menyelenggarakan event tahunan yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa untk mengisi liburan semester ganjil mereka. Teknik back to Nature merupakan kegiatan yang memiliki tujuan mendekatkan diri ke alam serta ajang mengabdi kepada masyarakat desa setempat. Teknik Back to Nature atau TBTN pada kali ini memilih lokasi Taman Denbukit yang terletak di Desa Pancasari, Kabupaten Buleleng.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari terhitung dari tanggal 28 hingga 30 Januari 2016 yang mana merupakan penutup atau akhir dari liburan semester ganjil. Peserta dari TBTN ini mencakup seluruh jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana baik reguler maupun non reguler. TBTN kali ini masih dengan konsep yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ada kegiatan pengabdian dan ada juga kegiatan menyatu dengan alam bersama-sama seluruh civitas yang mengikutinya.

Pengabdian yang dilaksanakan oleh panitia antara lain mareresik dan menanam pepohonan di areal Pura sekitar desa Candi Mas, Pura Puncak Sari dan Pura Ulun Danu, memasang plang jalan menuju Pura tersebut, serta memberikan beberapa bantuan ke Sekolah Dasar Negeri 3 Pancasari yang terletak tak jauh dari perkemahan. Selain kegiatan pengabdian, terdapat juga kegiatan keakraban seperti memancing di kolam pancing, sepak bola mini, tracking, menanam pohon, manggang serta makan bersama. “Kegiatan seperti ini harus dipertahankan tiap tahunnya, selain seru dan mengakrabkan antar civitas teknik, TBTN juga memberikan impact positif pada diri saya untuk tetap menjaga kelestarian alam dan desa di Bali. Mulai dari hal kecil, yakni alam dan pengabdian” ujar Budi Ariasa selaku Ketua TBTN 2016. (klx)