TIM PPK ORMAWA HMTL LAKSANAKAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI RUMAH SAMPAH DIGITAL “GRIYA LUHU” DI DESA SABA GIANYAR

Tim PPK Ormawa HMTL laksanakan pendampingan aplikasi rumah sampah digital di Desa Saba, Gianyar, Bali. Pendampingan ini dilaksanakan pada 5 desa adat yaitu Desa Adat Saba, Desa Adat Pinda, Desa Adat Bonbiyu dan Desa Adat Blangsinga, dengan Desa Adat Bonbiyu masih menunggu jadwal pembukaan bank sampah.




Tujuan utama dari kegiatan ini yaitu untuk mendigitalisasi pelaksanaan bank sampah yang ada di Desa Saba. Sebelum kehadiran Tim PPK Ormawa HMTL, program bank sampah di Desa Saba masih menggunakan konsep manual dalam hal pencatatan data sampah dari setiap nasabah.  Namun sekarang semua hal pencatatan data nasabah sudah menggunakan aplikasi yang bernama “Griya Luhu”, yang dimana aplikasi ini merupakan dukungan dari mitra TIM PPK Ormawa HMTL yaitu Bali Wastu Lestari. 




Dalam pelaksanaannya, kader kesling di Desa Saba merasa terbantu dengan dijalankannya program ini karena lebih mudah dan data yang tersimpan sudah pasti aman. Selain itu, Kepala Desa Saba juga sangat mengapresiasi program ini dan diharapkan dapat dilanjutkan oleh kader kesling. Kepala Desa Saba juga berharap kegiaan bank sampah ini terus berlanjut agar dapat mengurangi timbulan sampah yang ada di Desa Saba.