Tim RATNA Fakultas Teknik Menyerahkan Mobile Robot RATNA ke RSPTN UNUD  

Sesuai dengan surat tugas 2432/UN14.2.5/KM.04.02/2020 yang dikeluarkan oleh Ngakan Putu Gede Suardana selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana telah membentuk Tim RATNA (Robot Assistant Udayana). Tim RATNA dibimbing oleh Cok Gede Indra Parta dan I Wayan Widiada yang beranggotakan 13 orang mahasiswa dari Prodi Teknik Elektro. Tujuan dibentuknya tim ini adalah untuk membuat robot yang dapat membantu tenaga medis untuk membawakan logistik maupun alat pelindung diri (APD).

Robot RATNA adalah mobile robot yang dapat dikontrol dan dapat difungsikan untuk membantu tenaga medis merawat pasien. Pembuatan robot ini diharapkan dapat meminimalisir penularan virus COVID-19 akibat interaksi langsung antara perawat dengan pasien . Fungsi RATNA antara lain membawa hand sanitizer, dapat mengecek suhu tubuh pasien, tekanan darah, dan berkomunikasi secara audio visual langsung dengan dokter yang akan memberikan instruksi serta menanyakan setiap keadaan dari pasien.

Tim RATNA akhirnya berhasil merampungkan pembuatan robot assistant udayana ini. Selanjutnya Tim RATNA didampingi oleh Ibu Rektor Universitas Udayana serta beberapa pejabat lainnya menyerahkan RATNA ke RSPTN pada tanggal 29 Juli 2020. Tim RATNA mengharapkan robot ini dapat bermanfaat secara maksimal dalam membantu  para petugas medis untuk menangani sejumlah pasien COVID-19 di RSPTN Unud.