Gandeng Hokuriku Jepang, FT Unud Resmikan Riset International Off Grid EV Battery Swap Station dengan Flexible Solar Panel.

`

Fakultas Teknik (FT) Universitas Udayana (Unud) mengandeng Hokuriku Electrical Construction Co. (Hokuriku) Jepang dan PT. Awina Sinergi International (Awina) membuka riset kerjasama Off Grid EV Battery Swap Station dengan Flexible Solar Panel. Acara ini dihadiri oleh Dekan FT Unud dan jajarannya, direktur dan staf perusahaan dan undangan lainnya seperti dari Deputy Consulate-General Jepang, Politeknik Negri Bali, Wiksa Daya Pratama, Segara Village Hotel, Swissbell Resort, Intercontinental Jimbaran, para peneliti dan mahasiswa.


Seperti yang disampaikan oleh ketua riset Prof I Nyoman Suprapta Winaya, perkembangan teknologi solar panel telah mengalami kemajuan pesat dalam beberapa dekade terakhir. Inovasi terbaru dalam bidang ini adalah penelitian material panel solar yang ringan dan fleksibel yang dalam hal ini diintegerasikan langsung untuk pengisian baterai kendaraan listrik (battery swap station). Teknologi material ini memiliki potensi besar untuk merevolusi industri energi terbarukan dan transportasi ramah lingkungan karena sangat mudah dipasang sehingga tidak mengurangi beban konstruksi serta mampu memberikan sentuhan seni dan estetika, imbuh Prof. Winaya.




Dekan FT Unud Prof. Linawati yang membuka peresmian ini menyampaikan, "Kami sangat mengapresiasi kerjasama ini dan yakin bahwa instalasi panel surya fleksibel ini akan memberikan manfaat besar bagi lingkungan kampus dan masyarakat sekitarnya. Ini juga merupakan langkah penting dalam mendukung program kami untuk mewujudkan kampus hijau yang berkelanjutan”.


Ditambahkan oleh prof. Budiarsa selaku Wakil Dekan I, peresmian instalasi panel surya ini menandai awal dari upaya bersama untuk mengurangi jejak karbon dalam transportasi dan mempromosikan penggunaan energi terbarukan. Dengan kolaborasi terus-menerus antara Hokoriku Electrical Construction Co. dan PT Awina Sinergi Internasional, Fakultas Teknik Universitas Udayana, dan pihak terkait lainnya, diharapkan dapat terus ditemukan solusi inovatif untuk menangani tantangan lingkungan yang semakin mendesak.


Dalam sambutannya Pesiden Direktur Hokoriku Electrical Construction Co. Mr. Yamazaki Isashi menyampaikan, "Kami berkomitmen untuk mendukung pengembangan teknologi ramah lingkungan, di mana kerjasama dengan FT Unud adalah langkah yang tepat . Penggunaan panel surya yang ringan hanya 7 kg (biasanya 30 kg) dengan kelenturan sampai 30 derajat adalah salah satu inovasi untuk memperluas penerapan energi terbarukan dalam berbagai sektor." Pihaknya akan mengumpulkan dan menganalisa data yang didapat dari proyek ini dan nantinya bisa dikembangkan usaha baru

Kerjasama penelitian antara Unud dengan Hokuriku Jepang dan Awina merupakan langkah penting dalam mewujudkan visi ini. 


Kolaborasi antara dunia akademis dan industri yang sudah dimulai sejak tahun 2021 ini diharapkan menciptakan sinergi yang kuat untuk mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi ini secara lebih luas. Unud, dengan keahlian dan sumber daya penelitiannya, bekerja sama dengan mitra industri yang berpengalaman, Hokuriku Jepang dan Awina International, untuk menghadirkan solusi inovatif ini kepada masyarakat.


Kemitraan ini tidak hanya mendorong kemajuan ilmiah, tetapi juga membuka peluang baru bagi industrialisasi dan pertumbuhan ekonomi. Dengan mengembangkan solar panel ringan dan fleksibel untuk kendaraan listrik dan bangunan, kita ingin menciptakan industri baru yang akan menyediakan lapangan kerja, menarik investasi, dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan, tambah Prof. Winaya di tengah-tengah acara demo pengisian batere untuk 10 sepeda motor Gesit pada sesi akhir acara.